Mayoritas Anak Muda Jarang Menabung

BERITA TERBARU HARI INI – Mayoritas Anak Muda Jarang Menabung. Studi salah satu lembaga riset nasional menyimpulkan bahwa generasi muda tidak ada kebiasaan menabung. Bahkan bagi mereka yang suka menabung nilainya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama 3 bulan ke depan.

Padahal, konsistensi dalam menabung sangat penting untuk menghadapi kebutuhan mendesak dan merencanakan tujuan finansial jangka panjang seperti pendidikan, rumah, atau modal usaha. Menabung akan mampu mengurangi ketergantungan pada utang.

Presiden Direktur PT Krom Bank Indonesia Tbk Anton Hermawan mengatakan, meskipun terkesan sederhana, konsistensi menabung merupakan fondasi yang perlu dibangun kuat sebelum mengakses produk keuangan lainnya seperti investasi.

Menabung bukan hanya tentang menyisihkan uang, tetapi juga tentang membangun disiplin dan kebiasaan yang baik untuk masa depan yang lebih terencana,” kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (23/8/2024).

“Di kalangan anak muda, kami melihat mereka cenderung menabung dengan tujuan spesifik, seperti untuk liburan, membeli gadget, pendidikan lanjutan, atau down payment rumah. Ini hal yang baik, karena punya tujuan yang jelas membantu mereka lebih disiplin,” tambah dia.

Oleh karena itu, inovasi digital yang dibawa oleh bank digital seharusnya tidak hanya semakin mempermudah proses menabung bagi generasi muda, tetapi juga membuat menabung jadi lebih fun dan relevan bagi gaya hidup anak muda.

Punya 20 Tabungan dalam 1 Rekening

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *