Gempa Hari Ini Jumat 16 Agustus 2024, Guncang Larantuka NTT

BERITA TERBARU HARI INI – Gempa Hari Ini Jumat 16 Agustus 2024, Guncang Larantuka NTT. Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Indonesia pada hari ini, Jumat (16/8/2024). Hingga pukul 23.00 WIB, tercatat ada satu kali gempa hari ini yang menggetarkan wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berdasarkan laporan yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya www.bmkg.go.id, gempa tersebut mengguncang wilayah Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi NTT.

“Pusat gempa berada di 27 km timur laut Larantuka, NTT,” tulis keterangan BMKG.

Gempa yang terjadi pada pukul 08:16:04 WIB tersebut dilaporkan memiliki kekuatan magnitudo 5,1. Pusat gempa berada pada kedalaman 226 kilometer.

BMKG memastikan, gempa Larantuka tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Apa Itu Gempa Bumi?

Untuk diketahui, gempa bumi adalah bencana alam yang bersifat merusak. Fenomena ini bisa terjadi setiap saat dan berlangsung dalam waktu singkat. Dan Indonesia termasuk wilayah rawan akan bencana gempa.

Gempa bumi adalah bencana yang bisa menyebabkan kerugian nyawa dan materil.

Menurut WHO, secara global gempa bumi menyebabkan 750 ribu kematian selama kurun 1998-2017. Lebih dari 125 juta orang terkena dampak gempa bumi selama periode ini.

Tanggap Bencana Gempa Bumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *