Pemerintah Terima Usulan 7 KEK Baru, Ada yang di IKN

BERITA TERBARU HARI INI – Pemerintah Terima Usulan 7 KEK Baru, Ada yang di IKN. Pemerintah melalui Sekretariat Jenderal Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) mengaku telah menerima tujuh usulan calon KEK baru.

Plt. Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Rizal Edwin, mengatakan untuk tujuh usulan itu masih dalam tahap peninjauan sekaligus pemeriksaan, agar bisa dilanjutkan ke tahap lainnya.

“Kemudian yang untuk usulan, kami sudah menerima 7 usulan yang baru sedang lagi diperiksa dan di-review usulan-usulan itu,” kata Rizal Edwin dalam Media session Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), di Gedung Sekretariat Dewan Nasional KEK, dikutip Selasa (23/7/2024).

Menurutnya, meskipun masih dalam tahap peninjauan, salah satu KEK yang ada di IKN diakui sudah ada peminatnya.

“Ada, sudah ada,” imbuhnya.

Kawasan yang Disiapkan 2024

Di sisi lain, kata Rizal, Pemerintah sedang menyiapkan empat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang baru untuk tahun 2024. Nilai investasinya ditaksir mencapai Rp161 triliun untuk keempat KEK tersebut.

Keempat KEK tersebut diantaranya KEK Nipa yang berlokasi di Kota Batam, KEK Edutek Medika Internasional Banten, KEK Pariwisata kesehatan internasional Batam, dan KEK industri hijau Bungku di Morowali Sulawesi Tengah.

Meskipun keempat KEK tersebut sudah disetujui oleh Pemerintah melalui Dewan Nasional KEK, pihaknya masih mempersiapkan Peraturan Pemerintah (PP)-nya. Rencananya PP tersebut akan ditandatangani langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Daftar 22 Kawasan Ekonomi Khusus, Realisasi Investasi Capai Rp 31,4 Triliun Sepanjang 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *